Penemu dan Sejarah Google, Yahoo!, dan E-mail



Nahh... akhirnya saya memposting lagi tugas TIK bagian saya untuk yang terakhir, jadi baik-baiklah oke?... 

Selama berminggu-berminggu saya hanya mengambil dari teman kelompok saya, dan kali ini saya yang buat... Dari berbagai sumber menghasilkan postingan kali ini bisa seperti ini..Selamat menikmati!! Oyaaa... ngomong ngomong postingan ini tentang Penemu dan Sejarah Google, Yahoo!, dan E-mail..

Pingin tahu lanjutan, ayo buka~
Mari~ 


Sekarang saya ngomongin Googl



Google itu didirikan oleh dua orang mahasiswa PHD Stanford, Larry Page & Sergrey Brin. 

Mereka sering diskusi panjang dan memiliki pendebat yang berbeda dan hasilnya mereka membuat search engine dengan nama BackRub. Januari 1996, mereka menyempurnakan teknologi google agar lebih canggih dan sepanjang 1998 mereka mencari invenstor yang mau menerima mereka dan perjuangan keras mereka tidak sia-sia, pada akhirnya perusahaan google dapat didirikan pada 7 September 1998 bisa dibuka resmi di Menlo Park, Carlifornia. Hebat!! 
Dan entah kenapa, ulang tahun google dirayakan tanggal 27 September. Mungkin ada sesuatu~ 

Kata google itu berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).

Googol adalah kata yang menunjukkan bahwa sebuah bilangan yang sangat besar jumlah, melebihi miliar dan triliun. Karena itu, dipakelah kata google sebagai refleksi dari kata googol yang artinya google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang mempunyai misi untuk mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. wow!! 

Jadi ini penjelasannya tidak terlalu banyak, singkat saja, kalo mau yang lebih detailnya lagi buka aja kesini.

Sekarang waktunya Yahoo! 



Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995.

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. (Waa... kreatif banget~)

Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Sekarang bagian  E-mail 

Raymond Samuel Tomlinson (lahir 1941, Amsterdam, New York) adalah seorang Insinyur Komputer, Ray Tomlinson menemukan email berbasis internet akhir tahun 1971 di ARPANET, Ray Tomlinson bekerja sebagai insinyur komputer untuk Bolt Beranek dan Newman (BBN), perusahaan yang disewa oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membangun internet yang pertama pada tahun 1968.

Saat itu ia tengah mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message ) yang memungkinan pengguna komputer yang sama bisa meninggalkan pesan satu sama lain. Atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Ketika itu, ia mencoba sebuah program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pengguna komputer mengirimkan file, untuk mengarahkan komputer terhubung dengan ARPANET. Kemudian Tomlinson punya ide gimana jika ia menggabungkan SNDMSG dan CYPNET berbarengan, dia mungkin bisa mengirim pesan ke kotak pos elektronik lain dalam sebuah jaringan, semudah mengirimkan file.

Salah satu pertanyaan yang kemudian mengarahkan Tomlinson pada eksperimen lain mengenai e-mail adalah bagaimana membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer pada sebuah kantor. Ia terus mempelajari keyboard komputer yang tak langsung terkait dengan nama orang serta bukan sebuah angka.

Akhirnya jadi deh pada penggunaan simbol @ sebagai petunjuk alamat sang pengguna e-mail. Simbol ini mewakili tempat dan hanyalah sebuah preposisi pada sebuah keyboard. Penggunaan simbol @ ini membawa dampak yang global, Ray Tomlinson mengakui bahwa penemuannya dihasilkan “hanya dari berpikir tak lebih dari 30 atau 40 detik.” Ray Tomlinson memilih simbol @ untuk membedakan mana pengguna/username dengan domain/alamat server.. Simbol @ dibaca “et” yang berarti “di”. (wow, hebat sekali~  )

Email pertama yang dikirim oleh Ray Tomlinson adalah dua komputer yang ada disebelahnya. Dengan jaringan ARPANET digunakan sebagai sambungan antara keduanya. Pesan email yang pertama adalah “QWERTYUIOP”. Karena peristiwa itu, pesan QWERTYUIOP menjadi pesan bersejarah karena itu isi pesan pertama yang bisa dikirimkan lewat jaringan ARPANET atau yang sekarang namanya internet.

Penemu e-mail , Ray Tomlinson, yang menurut banyak kalangan termasuk pencapaian penting dan revolusioner dalam teknologi informasi. Dia layak menjadi 50 tokoh yang berpengaruh dalam dunia Informatika karena dia yang memilih simbol @ sebagai penanda alamat surat elektronik, dibelakang nama si pengirim atau penerima pesan, bahkan kini pengunaan e-mail sudah menjadi sarana komunikasi global yang paling murah.

Waa... Orang orang yang ada diatas semuanya hebat-hebat ya, mereka sangat kretif. Berarti, jadi orang hebat itu, gak harus pintar tapi kreatif!

Salut deh saya sama Larry Page & Sergrey Brin,
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang & David Filo dan Ray Tomlinson! 

Kalian menjadi orang yang sangat berjasa.

Yaudah segitu aja dari saya, semoga bermanfaat..
Terimakasih sudah membaca
kalo mau ambil, ambil aja tapi jangan lupa cantumkan alamat nya yaa..

Samarinda, 13.01.13 

Sumber: - http://sidomi.com/130648/google-hari-ini-ulang-tahun-ke-14/
              - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2012/05/tokoh-pendiri-dan-penemu-yahoo.html
              - http://muhammadrasuly.wordpress.com/2011/10/11/penemu-e-mail/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Browser apa aja hayoo?

Intranet dan Internet. Internet tahu.. tapi, intranet...

Hardware Jaringan, ada yang tahu?